Tempat Wisata Pilihan di Indonesia

Tempat Wisata Pilihan di Indonesia

kepulauan ke blog.vokamocom.jpg Kepulauan Kei via. blog.vokamo.com

Banyaknya tempat wisata di Indonesia mungkin akan membuatmu bingung, namun dari daftar pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2016 ini, bisa jadi pilihanmu. Terdapat 10 kategori yang dilombakan pada ajang ini. Hasilnya adalah ada lebih 53ribu voters dan 8 persennya berasal dari mancanegara.

Dan berikut tempat wisata di Indonesia yang mejadi pemenang sesuai dengan kategorinya masing-masing, untuk kamu jadikan acuan berlibur di Indoneisa.

1. Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise)

Juara pertama di raih oleh Kepulauan Kei – Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Kepulauan Kei memiliki banyak pantai yang indah dengan pasir-pasirnya yang berwarna putih dan air laut yang jernih. Menjadikan tempat ini menjadi pemenang untuk kategori Surga Tersembunyi.

2. Kategori Tujuan Wisata Terpopuler Kebersihannya (Most Popular Cleanliness)

Pemenangnya adalah Pantai Nihi Watu – Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai yang menempati urutan ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia ini menjadi tempat yang paling di cari oleh para peselancar.

Pantai ini terkenal kebersihannya juga karena memang dikelola oleh swasta, dan tak sembarang orang bisa menginjakkan kaki ke tempat ini, termasuk orang Sumba sendiri.

rumah pengasingan soekarno travel.detik.jpg Rumah Pengasingan Soekarno via. travel.detik.com

3. Kategori Situs Sejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site)

Rumah Pengasingan Soekarno – Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menjadi pemenang untuk kategori ini. Disini masih disimpan semua benda kenangan yang pernah digunakan oleh Presiden pertama Indonesia ini. Mulai dari ruang tamu, sampai tempat tidur yang masih dirawat dengan baik.

4. Kategori Hidangan Tradisonal Terpopuler (Most Popular Traditional Dishes)

Siapa yang bisa menolak sensasi rasa dari Ayam Taliwang Lombok – Provinsi Nusa Tenggara Barat, maka tak salah jika menu makanan khas Lombok ini menjadi juara untuk hidangan tradisional favorit. Jika kamu sedang mengunjungi Lombok, maka sajian kuliner khas ini wajib kamu cicipi langsung dari tempat asalnya. Meski sudah banyak tempat yang menjual Ayam Taliwang di luar Lombok, namun merasakannya di tempat aslinya memang lebih otentik, bukan?

5. Kategori Tempat Menyelam Terpopuler (Most Popular Diving Spot)

Untuk kategori tempat menyelam ternyata Pulau Alor di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, lah juaranya mengalahkan Nusa Penida yang menjadi juara kedua dan Taman Laut Derawan yang menduduki posisi ketiga.

Terdapat sekitar 26 titik menyelam di pulau ini, salah satunya adalah Shark close, dimana diver bisa berenang bersama para hiu, spot ini juga sudah terkenal sampai ke mancanegara.

pulau alor flickrcom.jpg Pulau Alor via. flickr.com

6. Kategori Tempat Berselancar Terpopuler (Most Popular Surfing Spot)

Jika kamu mengira Bali akan menjadi pemenang dari kategori ini, ternyata tebakan kamu salah. Karena pemenangnya adalah Pantai Nemberala – Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Juara dua barulah ditempati oleh Nusa Lembongan Bali, dan posisi ketiga ada Pantai Plengkung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi.

Pantai Nemberala sendiri, memiliki ombak yang cukup menantang bagi para peselancar, selain itu juga ombak di pantai ini sudah masuk berskala internasional dan ketinggiannya bisa mencapai 7 meter. Dan juga tempatnya yang masih belum seramai Bali membuat tempat ini mudah dicintai.

7. Kategori Atraksi Budaya Terpopuler (Most Popular Cultural Attraction)

Untuk kategori ini, Festival Iraw Tengkayu – Provinsi Kalimantan Utara yang menjadi juaranya. Prosesi adat ini sudah berlangsung turun temurun. Inti dari upacara adat ini adalah ritual Parade Padaw Tuju Dulung (perahu tujuh haluan) dengan melepaskan perahu berisi makanan atau pakan ke laut.

Sebelum perahu-perahu tersebut dilepas ke laut, terbelih dahulu diarak keliling kota. Selain itu, terdapat juga perlombaan yang berbeda setiap tahunnya, ada lomba laying-layang, fotografi, olah raga tradisional, bahkan festival batu akik yang menjadi fenomenal.

8. Kategori Festival Budaya Terpopuler (Most Popular Cultural Festival)

Kategori selanjutnya dimenangkan oleh Kabupaten Kutai Kertanegara dengan Festival Eraunya. Festival Erau merupakan festival budaya tertua yang ada di Indonesia. Erau sendiri berarti riuh, keramaian. Festival ini diadakan setiap dua tahun sekali di tanggal 29 September yang bertepatan dengan ulang tahun Kota Tenggarong. Namun akhirnya pada tahun 2010 bergeser menjadi dilaksanakan di bulan Juli.

festival erau bisniswisatacoid.png Festival Erau via. bisniswisata.co.id

Namun, di tahun 2013 untuk pertama kalinya festival ini disandingkan dengan budaya festival dari berbagai negara. Ajang yang disebut dengan Erau International Folklore and Art Festival (EIFAF) menjadi awal perkenalan kearifan lokal Kutai pada seluruh dunia.

9. Kategori Dataran Tinggi Terpopuler (Most Popular Highland)

Kategori ini dimenangkan oleh Gunung Kerinci, Jambi. Merupakan gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara, dan masih aktif. Pemandangannya yang memesona menjadikan tempat ini layak menyandang pemenang untuk kategori daratan tinggi terpopuler.

10. Kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler (Most Popular New Destination)

Pulau Morotai – Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku, keluar menjadi pemenang untuk kategori di tahun 2016 ini. Memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan untuk berwisata. Tempat wisata di Indonesia ini memiliki pulau-pulau dengan pantai terbaiknya.

Itulah tempat-tempat wisata Indonesia pilihan yang bisa kamu kunjungi untuk liburan panjangmu nanti.

Incoming search terms:

Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'my_scripts_method' not found or invalid function name in /home/rekreasi/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298