8 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Kabupaten Pacitan

Kabupaten Pacitan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan sehingga tak heran jika Kabupaten ini memiliki potensi wisata alam yang kebanyakan berupa pantai. Bukan hanya pantai, Kabupaten Pacitan yang juga berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Kabuaten Trenggalek dan Kabupaten Ponorogo ini juga menyimpan beragam tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat liburan nanti. Berikut kami sajikan 8 Tempat Wisata Wajib untuk Dikunjungi di Kabupaten Pacitan:

  • Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan

Tempat wisata yang satu ini sangat terkenal di Kabupaten Pacitan. Berlokasi di Kecamatan Donorejo Kabupaten Pacitan, pantai indah ini dilengkapi dengan gugusan karang unik yang salah satu karang terbesarnya mirip bentuk Sphinx di Mesir. Tak berhenti disitu, di pantai cantik ini juga ada sebuah air mancur alami dengan ketinggian sekitar 10 meter. Di tempat ini pengunjung juga bisa emnemukan seruling laut yang tak ada di pantai lain. Seruling Laut adalah batu karang besar yang bercelah yang tiap ombak besar datang, celah karangnya bisa memancarkan air keatas dan bisa menimbulkan bunyi mirip siulan. Tertarik mengunjungi pantai indah ini? Harga tiketnya untuk anak-anak Rp5.000 dan untuk orang dewasa Rp10.000.

  • Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo Pacitan

Kabupaten Pacitan memang kaya akan wisata pantainya yang cantik dan menawan. Seperti pantai indah yang satu ini, namanya Pantai Banyu Tibo. Dinamakan pantai banyu tibo karena pantai ini memiliki air terjun yang airnya langsung mengalir ke laut. Uniknya, air di tempat wisata ini merupakan perpaduan antara air tawar dari air terjun dan air laut. Bagi Anda yang ingin kemari, Pantai ini letaknya tak jauh dari pantai Klayar. Lokasinya di desa Widoro Kecamatan Donorejo Kabupaten Pacitan. Harga tiket cukup terjangkau yakni Rp2.000 untuk anak-anak dan Rp3.000 untuk dewasa pada saat weekday dan Rp3000 untuk anak-anak dan Rp5.000 untuk dewasa pada saat weekend.

  • Pantai Srau

Pantai Srau

Pantai selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi jika berlibur di Kabupaten Pacitan adalah Pantai Srau. Lokasinya di desa Candi Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan, pengunjung bisa melihat sunrise dan sunset di tempat ini selain menikmati pemandangan laut lepas yang luar biasa indahnya. Di lokasi ini, pengunjung juga bisa menikmati indahnya tebing-tebing tinggi serta beragam tanaman khas liar pantai. Uniknya disini juga ada beberapa pulau kecil tak berpenghuni yang siap untuk dijelajahi. Tiket masuk ke tempat wisata ini Rp5.000.

  • Pantai Taman

Pantai Taman

Bosan dengan wisata pantai yang gitu-gitu aja? Eits, tunggu dulu, pantai yang satu ini beda dengan yang lain. Pantai yang terletak di desa Hadiwarno di Kecamatan Nadirojo Kabupaten Pacitan ini menawarkan fasilitas outbond berupa flying fox berketinggian 74 meter. Dengan flying fox ini pengunjung yang berminat menguji adrenalin akan meluncur dari bukit berketinggian 74 meter dan mendarat di bibir pantai. Selain flying fox, penggemar selancar juga pasti betah di pantai ini karena ombaknya cukup besar. Tiket masuk kawasan pantai indah ini hanya Rp5.000.

  • Pantai Watu Karung

pantai watu karung pacitan

Belum puas berselancar di pantai Taman? Langsung saja meluncur ke daerah Pringkukung Kabupaten Pacitan. Pantai Watu Karung ini memiliki ombak besar yang ganas dan jadi spot wisata paling digemari oleh para peselancar. Saking terkenal akan keganasan ombaknya, pada 2009 lalu peselancar dunia, Bruce irons sempat datang kesini untuk menaklukan ombak pantai watu karung. Masuk ke tempat wisata ini Anda akan diharuskan membayar sebesar Rp5.000.

  • Sungai Maron

sungai maron pacitan

Ingin berwisata selain Pantai? Kabupaten Pacitan juga punya Sungai mirip Green Canyon, namanya Sungai Maron. Letaknya di Desa Dersono Pringkuku Kabupaten Pacitan. Sungai ini merupakan sungai yang penting bagi desa Dersono dan Desa Sendang, karenanya sungai ini sangat dijaga kebersihannya dan menjadi sumber air serta habitat alam bagi ikan air tawar yang biasa dimanfaatkan oleh warga desa setempat. Disini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam pepohonan dan menyusuri sungai dengan menggunakan perahu-perahu yang disediakan. Untuk masuk kawasan ini, pengunjung cukup membayar Rp2.000 namun jika ingin menyusur sungai menggunakan perahu, pengunjung akan ditarik biaya Rp100.000 untuk perahu berkapasitas 5 hingga 6 orang atau Rp75.000 untuk perahu berkapasitas 2 orang.

  • Goa Gong

goa gong pacitan

Jika berlibur di Kabupaten Pacitan, jangan hanya mengunjungi pantai-pantainya saja karena Pacitan punya tempat lain yang wajib dikunjungi, yakni Goa Gong. Berlokasi di desa Bomo Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan, keindahan goa gong ini sudah tenar sejak dulu. Goa ini mempunyai 7 ruang besar yang masing-masing terbilang unik. Ada salah satu ruang yang terdapat sendang Bidadari didalamnya dengan air yang jernih, ada juga ruang yang memiliki batu unik yang akan berbunyi mirip gong jika ditabuh. Kecantikan goa gong bisa dinikmati tanpa harus membawa senter karena di dalam goa ini telah dipasang beragam lampu temaran yang mengiasi dinding goa. Untuk menikmati keindahan alam goa ini, pengunjung cukup membayar Rp5.000.

  • Goa Tabuhan

goa tabuhan pacitan

Ada satu goa lagi yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Kabupaten Pacitan, namanya Goa Tabuhan. Lokasinya di Kecamatan punung dan masih berdekatan dengan Goa gong. Goa yang satu ini mempunyai kedalaman 100 meter dan terdiri dari 2 ruangan. Yang unik dari goa ini adalah stalagtitnya bisa menghasilkan bunyi serupa gamelan sehingga menghasilkan orkestra nada yang unik. Untuk masuk ke goa unik ini, Anda cukup merogoh kocek Rp3.000 per orang.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi

Bagaimana, seru bukan? Keindahan alam dan tempat wisata Kabupaten Pacitan memang mempesona dan membuat tak sabar ingin mengunjunginya. Jadi, tunggu apalagi ayo segera datangi 8 Tempat wisata Wajib Dikunjungi di Kabupaten Pacitan.

Incoming search terms:

Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'my_scripts_method' not found or invalid function name in /home/rekreasi/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298