6 Tempat Wisata Populer di Banyuwangi

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan tempat wisata yang ada. Kabupaten Banyuwangi yang teletak di ujung timur pulau Jawa ini memiliki banyak tempat wisata alam yang beragam mulai dari gunung, air terjun, pantai hingga pulau yang menawan. Selain Kawah Ijen yang memang terkenal, berikut adalah 6 tempat wisata yang populer di Banyuwangi:

  • Red Island (Pulau Merah)

Pulau Merah Banyuwangi

Dinamakan Pulau Merah karena tanahnya berwarna merah. Pulau Merah ini berbentuk bukit kecil dan untuk kesana cukup berjalan kaki karena letaknya hanya 100 meter dari bibir pantai. Pulau Merah menyajikan keindahan alam dan juga menyuguhkan tempat berselancar untuk para pemula karena pantai di pulau ini memiliki ketinggian gelombang 4 hingga 5 meter. Harga tiket untuk masuk ke Pantai Pulau Merah ini adalah Rp3.000 untuk hari biasa dan Rp5.000 saat weekend.

  • Green Bay (Teluk Hijau)

Green Bay Banyuwangi

Tempat wisata yang satu ini juga tak kalah dengan Pantai Pulau Merah. Tempat wisata Teluk Hijau ini berada di areal Taman Nasional Meru Betiri di Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Air teluk berwarna kehijauan dilengkapi pemandangan hutan tropis di sekitarnya membuat tempat wisata ini memikat hati pengunjungnya. Uniknya di tempat wisata ini masih banyak monyet berkeliaran karena lokasinya yang berdekatan dengan hutan.

  • G-Land (Pantai Plengkung)

G-Land Banyuwangi

Pantai ini merupakan destinasi wisata yang populer di Kabupaten Banyuwangi. Dikenal dengan nama G-Land, tempat wisata ini tak hanya dikenal wisatawan dalam negeri namun juga dikenal oleh para wisatawan dari mancanegara. G-Land dikenal sebagai surganya para peselancar karena ombak pantainya memiliki ketinggian 6 hingga 8 meter.  Pengunjung tak hanya bisa menikmati ombak pantai Plengkung, namun juga bisa menikmati pemandangan alam Taman Nasional Alas Purwo.

  • Pantai Boom

Pantai Boom Banyuwangi

Pantai ini merupakan salah satu pantai wisata populer di Banyuwangi. Lokasi pantai yang dekat dengan pusat kota menjadikan pantai ini bisa dijangkau dengan mudah. Pantai ini menyuguhkan sunrise di pagi hari dengan harga tiket masuk sebesar Rp3.000. Bagi Anda yang gemar berkuda,  cukup membayar Rp25.000 untuk bisa menaiki kuda mengitari pantai Boom ini. Saat ini telah banyak fasilitas yang melengkapi pantai ini mulai dari mushola, warung makan, taman, Aphiteater hingga payung pantai.

  • Agrowisata Kalibendo

Agrowisata-Kalibendo Banyuwangi

Tempat wisata selanjutnya yang populer di Banyuwangi adalah Agrowisata Kalibendo. Tempat wisata ini merupakan yang paling populer di Banyuwangi. Ini karena Agrowisata Kalibendo ini mempunyai area perkebunan seperti kelapa sawit, cengkeh, mahoni dan kopi. Namun yang menjadi primadona adalah area perkebunan kopi. Disini, pengunjung bisa melihat berbagai jenis kopi dan bisa juga mengikuti proses pemetikan kopi, penggorengan hingga penyajian kopi. Agrowisata ini memiliki kawasan bernama Pondok Robusta yang menyajikan kopi robusta berkualitas nomor satu di Indonesia.

  • Air Terjun Lider

Air Terjun Lider Banyuwangi

Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata populer dari sekian banyak air terjun yang ada di Banyuwangi. Air terjun Lider ini memiliki ketinggian 60 meter. Uniknya ada dinding tebing dua jurang yang mengapit air terjun ini. Lokasi air terjun ini berada di Dukuh Lider yang berjarak 45 km dari kota Banyuwangi. Dari pos yang terdapat di Dukuh Lider, pengunjung harus berjalan sepanjang 1 km melewai jalan setapak untuk sampai di lokasi air terjun.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Palu yang Wajib Anda Kunjungi

Demikian yang dapat kami sajikan mengenai 6 tempat wisata populer di Banyuwangi selain Kawah Ijen yang sudah populer. Semoga bisa menjadi referensi wisata Anda jika Anda berlibur di Banyuwangi.


Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'my_scripts_method' not found or invalid function name in /home/rekreasi/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298