6 Tempat Wisata Alam di Kabupaten Gresik

Salah satu sentra industri di Jawa Timur adalah Kabupaten Gresik. Disini banyak industri mulai dari industri elektronik, petrokimia hingga industri semen. Selain sebagai kawasan industri, Kabupaten Gresik ternyata juga menyimpan potensi tempat wisata yang tak kalah dari kabupaten lainnya di Indonesia. Bukan hanya melulu tempat wisata religi seperi makam Sunan Gresik yang memang sudah terkenal, namun ada juga wisata alam yang tak kalah menariknya. Ini dia, 6 tempat wisata alam di Kabupaten Gresik:

  1. Sendang Banyu Biru Lowayu

Sendang Banyu Biru Gresik

Terletak di Desa Lowayu di Kecamatan Dukun, 40 km dari pusat Kabupaten Gresik, Sendang Banyu Biru Lowayu menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik banyak wisatawan. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam sendang yang berair biru dan memiliki aroma belerang yang tajam. Air sendang ini dipercaya masyarakat sekitar bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Untuk masuk ke tempat wisata ini tak dipungut biaya alias gratis lhoh.

  1. Bukit Jamur

Bukit Jamur Gresik

Tempat wisata lain yang patut dikunjungi saat mampir di Kabupaten Gresik adalah Bukit Jamur. Di bukit ini, pengunjung akan menemukan batuan jamur-jamur raksasa. Lokasinya di kecamatan Bungah, 5 hingga 6 km dari Gunung Kapur Sekapuk. Awalnya bukit jamur adalah salah satu bekas galian kapur, namun karena bagian bawah terkena erosi dari angin dan hujan maka muncullah gundukan batu batu besar menyerupai bentuk jamur seperti yang tampak pada gambar di atas.

  1. Danau Kastoba

danau Kastoba Gresik

Danau ini letaknya ada di Pulau Bawean yang merupakan bagian dari Kabupaten Gresik. Letaknya ada di puncak bukit pulau Bawean. Untuk mencapainya, pengunjung perlu berjalan kurang lebih 1km. Danau Kastoba memiliki air jernih dan pemandangan alam sekitar sehingga akan terlihat bagus sekali untuk latar foto selfie.

  1. Gunung Kapur Sekapuk

Bukit Kapur Sekapuk Gresik

Satu lagi bekas galian kapur di Gresik yang kini menjadi tempat wisata selain Bukit Jamur. Gunung Kapur Sekapuk berlokasi di Desa Sekapuk di Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Mengunjungi kawasan ini akan serasa berada di film-film fantasi karena di dinding-dinding bekas galian kapur terdapat pahatan hasil penambangan kapur yang terlihat apik. Penambangan kapur di kawasan ini telah terjadi sejak tahun 1950 an. Dan kini saat kawasan ini tak lagi menjadi tambang kapur, justru dimanfaatkan menjadi tempat wisata dan menjadi daya tarik tersendiri bagi Kabupaten Gresik.

  1. Telaga Ngipik

Telaga Ngipik-Gresik

Meski sumpek dengan hiruk pikuk Gresik sebagai kawasan industri, namun Kabupaten Gresik memiliki wisata alam bernama Telaga Ngipik yang siap menyejukkan para pengunjungnya. Nama lain tempat wisata ini adalah Taman Wisata Giri Wana Tirta.berlokasi ta jauh dari pusat kota, pengunjung akan disuguhkan semilir angin dari rindangnya pepohonan hijau yang mengitari Telaga Ngipik. Tak hanya itu, tempat wisata ini juga digunakan oleh PSASI Jatim (Persatuan Ski Air seluruh Indonesia) untuk berlatih kegiatan Ski Air.

       6. Pulau Bawean

SONY DSC

Pulau ini terletak 120km dari Gresik ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Gresik yang menarik untuk dikunjungi. Pulau ini menawarkan wisata bahari serta suaka alam dan margasatwa yang mempesona. Di pulau ini pengunjung bisa mengunjungi Danau Kastoba, pemandian air panas serta air terjun alami yang mempesona. Ada juga pulau Noko yang letaknya tak jauh dari pulau Bawean. Di pulau Noko, pengunjung bisa menyelam dan menikmati keindahan bawah laut pulau Bawean dan Noko.

 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Kabupaten Bondowoso

Demikian yang dapat kami sajikan mengenai tempat-tempat wisata di Kabupaten Gresik. Semoga bisa membantu Anda untuk mencari tempat wisata yang menarik di Kabupaten Gresik.

 

Incoming search terms:

Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'my_scripts_method' not found or invalid function name in /home/rekreasi/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298