5 Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Pekalongan

Pekalongan adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Selain terkenal akan batiknya, kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang mempesona dan pas dikunjungi saat liburan mendatang. Berikut kami sajikan 5 Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Pekalongan.

  1. Pantai Pasir Kencana

Karena letaknya yang masih berada di jalur pantura maka tak heran jika Kabupaten Pekalongan memiliki banyak wisata berupa pantai. Salah satu pantai cantik andalan Pekalongan adalah Pantai Pasir Kencana. Lokasinya berada 4 km dari jantung kota Pekalongan, tepatnya di kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Menariknya di tempat ini selain bisa menikmati sunset dan sunrise, pengunjung juga bisa melihat miniatur seaworld yang penuh dengan koleksi biota laut dalam aquarium. Di sini pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh berupa ikan segar di pelelangan ikan dengan harga yang amat terjangkau. Fasilitas di pantai ini sudah cukup memadai sehingga membuat pengunjung makin betah berlibur di pantai ini.

  1. Curug Bajing

Selain pantai ada juga tempat wisata berupa air terjun di Kabupaten Pekalongan. Namanya curug Bajing. Lokasinya berada di desa Telogo Parkis kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Lokasi air terjun ini cukup jauh dari pemukiman penduduk hingga tak heran jika suasana curug masih sangat asri dan alami. Curug berketinggian 1300 mdpl ini terdiri dari beberapa tingkatan dengan gemericik air yang makin membuat suasana sejuk. Selain bisa menikmati keindahan curug ini, Anda juga bisa langsung merasakan sejuknya air dengan berenang di curug cantik ini. Jangan lupa juga untuk megabadikan curug cantik ini untuk menghiasi intagram Anda ya.

  1. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Bagi yang suka menghabiskan liburan di ketinggian, coba kunjungi puncak Hanoman di Gunung Kendalisodo. Gunung berketinggian 1697 mdpl ini cocok bagi para traveler yang suka mendaki serta bagi Anda yang baru memulai hobi naik gunung. Lokasi puncak Hanoman ini berada di kecamatan Petungkriyo kabupaten Pekalongan. Meski harus bersusah payah mendaki, namun semua kelelahan akan terbayar saat menyaksikan keindahan khas puncak gunung di puncak Hanoman ini. Selain digunakan sebagai tempat wisata, puncak Hanoman kerap kali digunakan sebagai tempat melakukan ritual adat oleh masyarakat setempat.

  1. Wisata Hutan Mangrove

Jika Anda berpikir wisata hutan mangrve biasa-biasa saja, coba dulu datang ke wisata hutan mangrove di Pekalongan ini. Hutan yang dukunya dalah tempat tambak udang ini kini disulap dan dikelola menjadi tempat wisata menarik oleh pemerintah Pekalongan. Tempat wisata mangrove ini didirikan sekaligus untuk menahan abrasi air yanga da di daerah tersebut. Indahnya mangrove yang juga memberi suasana sejuk membuat tempat ini pas untuk bersantai bersama keluarga. Bagi yang gemar fotografi, tempat ini juga keren sekali karena pemandangan hutan mangrove begitu mempesona.

  1. Museum Batik dan International Batik Center

Seperti yang diketahui bersama, Pekalongan adalah kota Batik. Kurang lengkap rasanya jika Anda berlibur di Pekalongan namun tak mengunjungi  museum batik dan international batik center. Museum batik mulai ada dan diresmikan pada tahun 2006 silam. Disini Anda bisa menemukan koleksi ribuan batik dari berbagai darah seperti Rembang, Cirebon, Batang, Madura, Banten, Papua dan dari Pekalongan sendiri. disini selain bisa melihat koleksi batik, pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan batiknya. Usai mengunjungi museum batik, sempatkan untuk mampir ke International Batik Center tempat beragam batik dijual. Disini Anda bisa memperoleh beragam jenis batik sebagai oleh-oleh khas dari Pekalongan. Lokasi dari International Batik Center ini berada di jl A. Yani Wiradesa di Kabupaten Pekalongan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Kabupaten Banyumas

Bagaimana menarik bukan? Jika belum ada rencana untuk akhir pekan ini,tak ada salahnya bagi Anda untuk berwisata ke 5 Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Pekalongan dan jangan lupa membeli batk khas Pekalongan. Selamat Berlibur!

Incoming search terms:

Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'my_scripts_method' not found or invalid function name in /home/rekreasi/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298