5 Tempat Wisata di Kabupaten Demak

Demak adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal sebagai sentra pembuatan rebana dan kaligrafi. Selain itu, Kabupaten Demak ternyata juga menyimpan potensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut kami sajikan 5 tempat wisata di Kabupaten Demak.

  1. Brown Canyon

Kabupaten Demak memiliki tempat wisata bernama Brown Canyon dimana tempat wisata ini dulunya merupakan lokasi bekas galian tambang. Sisa galian tambang tersebut ternyata lama kelamaan membentuk sebuah bukit dengan lekuk yang mempesona hingga mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Ini yang membuat lokasi bekas galian tambang akhirnya menjadi temapt wisata dan diberi nama Brown Canyon. Lokasi tempat wisata ini ada di desa Kebonbatur di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak dan beraa di perbatasan antara Kabupaten Demak dan Kabupaten Semarang.

  1. Pantai Morosari

Tempat wisata selanjutnya di Kabupaten Demak adalah Pantai Morosari. Wisata pantai ini tak pernah sepi pengunjung karena memiliki panorama dilengkapi hutan mangrove di sekelilingnya. Berlokasi di Sayung, 3 km dari jalan raya, tempat wisata ini mirip dengan Pantai Marina di Semarang. Jika Anda berniat mengunjungi pantai indah ini, lebih baik berkunjung pada saat pagi hari untuk menikmati sunrise atau sore hari untuk menikmati sunset karena udara pantai masih sejuk dan segar.

  1. Masjid Agung Demak

Demak juga terkenal kaya akan wisata religi, selain makam Sunan Kalijogo, Anda juga akan mendapati obyek wisata Masjid Agung Demak yang memiliki nilai sejarah tinggi. Masjid ini merupakan peninggalan wali songo dan berumur sekitar 500 tahun. Tak hanya bersejarah, namun masjid ini juga memiliki filosofi bangunan yang unik. Desain masjid ini sendiri telah menjadi inspirasi untuk masjid lain dan menjadi ciri khas masjid yang ada di Indonesia. Lokasi masjid agung ini berada di sebelah alun-alun kabupaten Demak.

  1. Museum Masjid Agung Demak

Usai mengunjungi Masjid Agung Demak, jangan lewatkan mengunjungi Museum Masjid Agung yang letaknya persis di sebelah utara masjid Agung Demak. Di museum ini banyak terdapat peninggalan bangunan masjid saat awal dibangun seperti pintu asli masjid Demak, bedhug, beberapa kitab, gentong dari campa, miniatur masjid Demak, serta ilustrasi masjid agung Demak dari awal berdiri hingga renovasi yang terjadi.

  1. Hutan Mangrove Morosari

Obyek wisata yang satu ini berlokasi di desa Bendono kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Meski untuk menuju kesana aksesnya masih sulit namun tak menyurutkan niat pengunjung untuk mendatangi hutan mangrove ini. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan indah sunset serta menikmati suasana laut dan melihat jajaran bangau putih yang bertebangan disekitar hutan mangrove.

Baca Juga: 5 Tempat rekreasi di Kabupaten Cilacap

Demikian beberapa tempat wisata di Kabupaten Demak yang bisa Anda kunjungi saat liburan nanti. Jangan lupa untuk mampir ke 5 Tempat Wisata di Kabupaten Demak.

Incoming search terms: