5 Tempat Wisata di Kabupaten Bondowoso yang Sayang untuk Dilewatkan

Jika mendengar kata Bondowoso, pasti kebanyakan orang langsung mengingat oleh-oleh khas Bondowoso, Tape Bondowoso. Namun, selain oleh-oleh khasnya, Kabupaten Bondowoso ternyata juga memiliki  beberapa tempat wisata yang apik dan sayang jika dilewatkan. Langsung saja, inilah 5 tempat wisata di Kabupaten Bondowoso yang sayang jika dilewatkan:

  1. Kawah Ijen

Kawah Ijen Bondowoso

Kawah Ijen merupakan kawah asam terbesar se Asia Tenggara lengkap dengan blue fire (api biru) yang hanya ada 2 di dunia dan salah satunya berada di Kawah Ijen ini. Kawah Ijen diselimuti asap belerang dengan air kawah berwarna hijau tosca memanjakan mata para pengunjung. Keindahan alam Kawah Ijen membuat wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terus berdatangan ke tempat wisata ini. Lokasi Kawah Ijen yang terbentang di dua kabupaten, yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso membuat kedua kabupaten ini berlomba-lomba mempromosikan Kawah Ijen sebagai destinasi wisata unggulan mereka. Kawah Ijen bisa dicapai lewat dua jalur, melalui jalur utara dari Situbondo menuju Bondowoso dalam waktu 2,5 jam dan jalur selatan dari Banyuwangi menuju Licin sekitar 35 km.

  1. Perkebunan Jampit

Kawasan Agrowisata Jampit

Perkebunan Jampit ini terkenal akan perkebunan kopi Arabika-nya. Perkebunan yang letaknya 74 km kearah timur Kabupaten Bondowoso ini merupakan agro wisata di Kabupaten Bondowoso yang cukup terkenal. Pengunjung tak hanya bisa melihat proses penggilingan kopi hingga pengemasan kopi Arabika, namun juga bisa melakukan kegiatan lain seperti berenang, memancing atau hanya sekedar duduk santai menikmati pemandangan perkebunan. Perkebunan yang dikelola PTP Nusantara VII Kalista Jampit ini juga menawarkan pemandangan berupa kebun bunga Lily dan sarana rekreasi keluarga serta penginapan.

  1. Situs Megalitikum Bondowoso

Situs Megalitiku Bondowoso

Bagi Anda penyuka wisata sejarah, wajib mengunjungi situs Megalitikum ini. Situs megalitikum Bondowoso terebar di banyak kecamatan, salah satunya terletak di Desa Solor di Kecamatan Cerme Kabupaten Bondowoso. Di situs ini terdapat tumpukan batu besar mirip stonehenge di Inggris. Ada juga Sarkofagus ( keranda batu berbentuk lesung dengan tutupnya) di Desa Glinseran Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso

  1. Bosamba Rafting Bondowoso

Bosamba Rafting Bondowoso

Nah kalau yang ini, khusus bagi Anda pecinta alam yang suka menguji adrenalin. Berlokasi di kecamatan taman Krocok, Bosamba (Bojonegoro-Sampean Baru) Rafting ini menawarkan lokasi arung jeram yang telah terkenal hingga mancanegara. Dengan panduan guide serta penyelamat profesional, pengunjung akan dipandu melewati Sungai Sampean Baru yang tak hanya berbatu dan berkelok namun juga memiliki sisi tebing terjal.

  1. Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso

Wisata alam Air Terjun Tancak Kembar ini berada di Desa Andongsari di Kecamatan Pakem di Kabupaten Bondowoso. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 1 jam, namun rasa lelah akan terbayar setelah tiba di lokasi dan melihat keindahan air terjun. Disini pengunjung bisa melihat dua air terjun dengan ketinggian 77 meter dan 50 meter. Air terjun ini berada di hutan lindung yang memiliki ketinggian 900 mdpl yang tentunya membuat lokasi wisata alam ini sejuk dan membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati kesejukan dan indahnya alam sekitar.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Alam di Bojonegoro

Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang tak kalah menarik yang terdapat di Kabupaten Bondowoso, seperti Pemandian Tasnan, Kawah Wurung, Pemandian Damar Wulan dan lain sebagainya, namun 5 tempat wisata di Kabupaten Bondowoso yang kami hadirkan disini mewakili sekian banyak tempat wisata yang ada di Kabupaten Bondowoso. Semoga bisa menjadi referensi Anda saat liburan tiba.

Incoming search terms:

Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'my_scripts_method' not found or invalid function name in /home/rekreasi/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298