5 Pesona Wisata Kabupaten Sumbawa

Mengunjungi pulau Sumbawa tak lengkap rasanya jika tak menjelajah alam sekitarnya. Keindahan tempat wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa mempesona pengunjungnya karena memang masih alami dan belum banyak dikunjungi. Ini dia 5 Pesona Wisata Kabupaten Sumbawa :

  1. Air Terjun Mata Jitu

Kala berkunjung ke Kabupaten Sumbawa, pastikan untuk mengunjungi pulau Moyo yang sudah terkenal ke seantero dunia akan keindahannya. Di Pulau indah tersebut, Anda akan menemukan air terjun super cantik, namanya Air Terjun Mata Jitu. Lokasinya ada di dusun Oiramu di desa Labuhan Aji, kecamatan Labuhan Badas Kabupaten Sumbawa. Pantas saja jika air terjun ini begitu tenar di kalangan para wisatawan baik asing maupun lokal. Ini karena kejernihan air terjun serta bentuknya yang berundak-undak sangat memukau mata yang memandangnya. Di tempat wisata ini pengunjung dilarang berenang meski airnya sangat jernih dan menggoda. Larangan berenang ini semata-mata untuk menjaga kebersihan dan kealamian air terjun itu sendiri. Jika pengunjung ingin bermain air dan mandi, pengelola terlah menyiapkan pemandian khususnya.

  1. Air Terjun Agal

Air terjun selanjutnya yang tak kalah indah dan mempesona adalah Air Terjun Agal. Lokasinya ada di kecamatan Alas dekat dengan pelabuhan utama Pulau Sumbawa. Lokasi tempat wisata ini berada di kawasan pegunungan sehingga untuk mencapainya, pengunjung harus rela trekking selama kurang lebih 2 jam. Air terjun ini sangat indah karena berundak-undak hingga 10 tingkatan dan tiap tingkatannya memiliki ketinggian 3 sampai 7 meter. Air terjun ini serasa sangat alami karena aliran airnya berasal dari air pegunungan yang murni sehingga benar-benar jernih dan dingin.

  1. Pulau Bungin

Tahukah Anda dimana pulau terpadat di dunia? Ternyata pulau terpadat di dunia ada di Indonesia lhoh. Bukan pulau Jawa, melainkan Pulau Bungin. Pulau ini masuk dalam wilayah kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa atau sekitar 70 km dari kota Sumbawa. Pulau ini dijuluki pulau terpadat karena dalam satu kilometer persegi, jumlah penduduknya mencapai 14.000 jiwa. Uniknya, jika biasanya pulau yang padat penduduk sarat dengan tingkat kriminalitas tinggi, di pulau Bungin ini masyarakatnya hidup tentram dan damai. Mayoritas penduduk pulau ini berasal dari suku Mandar dan suku Bugis.

  1. Istana Tua Dalam Loka

Ingin wisata yang sarat akan sejarah dan budaya yang kental? Kunjungi saja Istana Tua Dalam Loka. Sebagai infrmasi, rumah adat ini merupakan rumah panggung yang terbesar di dunia. Lokasinya da di kelurahan Seketeng Kabupaten Sumbawa. Dalam bangunan yang super besar ini, ada banyak sejarah mengenai pembentukan wilayah Sumbawa mulai dari tahun 1883 hingga 1931. Rumah ini dulunya merupakan istana kerajaan. Jika berkunjung kemari, Anda akan mendapatkan guide yang ebrsedia mengajak Anda berkeliling bagian-bagian istana.

  1. Pulau Moyo dan Pantai Ai Manis

Nah ini dia tempat wisata yang sudah tak asing lagi di mata para traveler amncanegara, Pulau Moyo. Keindahan pulau ini tak kalah dari pulau Lombok dan Pulau Dewata Bali. Bahkan banyak artis luar negeri yang berdatangan ke tempat ini untuk berlibur dan menikmati indahnya pulau Moyo. Di pulau ini fasilitasnya sangat lengkap, mulai dari resort yang harganya per malamnya super mahal, beragam kegiatan outdoor, hingga wisata pantai cantik bernama pantai Ai Manis. Pantai ini cocok bagi Anda yang suka snorkeling dan berenang karena keindahan terumbu karang dan biota laut siap mempesona Anda.

Baca Juga: 5 Wisata Populer Kabupaten Lombok Utara

Sudah takjub dengan pesona wisata Kabupaten Sumbawa? Tunggu dulu, jangan cepat puas hanya dengan membacanya, segera kunjungi 5 Pesona Wisata Kabupaten Sumbawa liburan kali ini ya.


Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, function 'my_scripts_method' not found or invalid function name in /home/rekreasi/public_html/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298